RSS
Facebook
Twitter

Jumat, 17 Februari 2012

Manage Your Time


"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam
kerugian, kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh serta saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran." (Q.S : Al-Ashr :1-3)
Dalam firman-Nya, Allah telah berfirman dengan waktu. Pertanda bahwa waktu itu sangat penting. Oh ya, saya udah pernah bahas tentang waktu di postingan pertama saya, silakan bisa dibaca 'Tentang Waktu'.
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
”Ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (HR. Bukhari&Muslim)
Waktu adalah pedang, jika kita tidak dapat menggunakannya dengan baik maka dialah yang akan menghunusmu. Ok, jangan sampai kita 'dibunuh' oleh waktu. Biar tidak seperti itu maka ada yang namanya manajemen waktu.
Pada tanggal 30 April 2011, saya mendapatkan materi tentang manajemen waktu di sebuah forum diskusi. Dijelaskan bahwa, indikasi pengaturan waktu yang buruk adalah sebagai berikut :
1. Jadwal diatur orang.
2. Suka datang ke acara yang tidak penting.
3. Suka melakukan pekerjaan yang mendesak (mepet).
4. Merasa terlalu sibuk dan kekurangan waktu.
5. Banyak masalah yang tertunda penyelesaiannya.
6. Produktivitas kerja tidak efektif.
7. Sering menunda pekerjaan.
8. Suka bingung dalam mengambil keputusan.
Ini hanya beberapa, tapi ini secara garis besarnya. Berapa nih yang sesuai dengan diri teman-teman? Semoga cuma sedikt atau nggak ada sama sekali. :D
Sebenarnya, mudah saja untuk memanajemen waktu. Awali dulu dengan niat. Kemudian, list apa saja yang harus dan mau kita kerjakan. Setelah itu, kerjakan terlebih dahulu mana yang prioritas. Kalau sudah, baru hal-hal yang kurang atau tidak prioritas. Bagi yang pelupa, disarankan untuk membawa catatan kecil ke mana-mana atau buat remainder di handphone, gadget, dll yang memudahkan.
Ada juga yang mengatakan bahwa manajemen waktu itu ada 3 kunci : SCD.
Schedulling, kita mengatur jadwal kita. Dalam 1 hari ada berapa jam efektif untuk kita melakukan pekerjaan. Karena waktu dan kemampuan kita terbatas.
Contain, kita menentukan apa saja yang akan kita lakukan. Diantaranya ada yang termasuk kewajiban, kebutuhan dasar, dan pengembangan diri. Semua harus ditentukan secara adil dan seimbang. Karena kita hidup bukan untuk hari ini, tapi akan dipertanggungjawabkan di Hari Akhir kelak. :)
Discipline, kita berhasil mengerjakan sesuatu tepat dengan waktu yang telah ditentukan. Menjaga keteraturan dan ketertiban. Juga, menjaga keseimbangan secara horisontal (hubungan manusia-manusia) dan vertikal (manusia-Tuhan).
Untuk mengantisipasi dan meminimalisir pemborosan waktu, maka tinggalkanlah hal-hal yang tidak bermanfaat. Hal-hal ini seperti kegiatan yang sifatnya hanya main-main dan hanya untuk kesenangan sesaat. Bedakan hal-hal yang tidak bemanfaat dengan refreshing karena terkadang banyak orang yang salah mengartikan.
Ada tiga hal yang tak kan pernah kita dapatkan kembali :
1. Kata yang telah diucapkan.
2. Waktu yang telah terlewatkan.
3. Momentum yang diabaikan.
Maka, Imam Ghazali membagi waktu kepada tiga bagian. 1/3 waktu digunakan untuk beribadah kepada Allah. 1/3 untuk belajar dan berkarya. Dan 1/3 lagi untuk istirahat. 1 hari adalah 24 jam. Maka 1/3-nya adalah 8 jam.
Banyak yang bisa kita contoh dalam hal manajemen waktu. Rasulullah dan para sahabatnya (yuk baca Shirah Nabawiyah) atau orang-orang di sekitar kita yang bisa mengatur waktunya dengan baik.
Waktu. Ketika dengannya saat berusaha, anggap dia akan terus bersama kita sampai 1000 tahun lagi. Namun, ketika beribadah, anggaplah dia hanya akan bersama kita sampai besok.
Jadi semangat belajar dan berlatih mengatur waktu dengan baik lagi nih. ^^
Semoga kita bisa lebih serius dalam menjalani hidup dan lebih berhati-hati dalam 'bermain' bersama waktu.


(Diambil dari berbagai sumber dan pengalaman)


With peace and a thousand of red rose petals,
Akabara Hikari

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ilmu ini sebernarnya sudah lama. dan sudah lama hilang dari aplikasi bnyak orang. thx atas refeshnya.. Cemungud

Vyraswana mengatakan...

ya.. namanya teori kebanyakan gitu2 aja, cenderung intinya sama.
tapi, namanya manusia itu tempat salah dan lupa. makanya harus sering2 diingatkan (dengan benar, sabar, dan kasih sayang ^^)
sama2, ini sebenernya lagi refresh buat diri sendiri.

Unknown mengatakan...

Btw, uda jadi motivator nih... btw lg, ikut lembaga motivator apa nih???

  • Authoress

    Foto Saya
    Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
    Seseorang yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya dan mewujudkan mimpi-mimpinya.
  • Hi, Friends!

  • Followers