RSS
Facebook
Twitter

Jumat, 29 Juni 2012

Magic Words




-->Setiap kata adalah do’a. Setiap do’a itu mengandung keajaiban. Dan keajaiban itu akan muncul di saat do’a kita dikabulkan oleh Allah di saat yang tepat. Beberapa do'a orang-orang sholeh yang mustajab diantaranya adalah :

1.    Do’a Nabi Musa AS ketika dikejar Fir’aun dan tentaranya.
Allahumma laka al-hamdu, wa ilayka al-musytaka, wa anta al-musta’an, wa la hawla wa la quwwata illa billah al-’aliyy al-azhim
“Ya Allah, segala puji bagi-Mu, hanya kepada Engkau-lah tempat mencurahkan segala isi hati, dan Engkau adalah Sang Penolong, dan tidak ada daya dan kekuatan apa pun jua selain daya dan kekuatan yang datangnya dari Engkau, Tuhan yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”
Allah mengabulkan doanya dengan memerintahkan Musa AS untuk mengetuk kan tongkatnya ke air laut, lautpun terbelah dan Fir’aun beserta kaumnya tenggelam. Anggap saja kita berada di posisi itu. Kita tidak bisa keluar dari kejaran musuh. Yang ada hanyalah hamparan lautan. Tidak ada alat apapun yang dapat membawa kita menyeberangi lautan itu. Betapa mencekamnya suasana hati kita saat itu. Apa yang dialami Musa dan kaumnya juga kita alami dalam bentuk masalah yang lain. Namun, apapun masalah itu, Allah senantiasa memberi pertolongan kepada orang-orang beriman.

2.    Do’a Nabi Yunus AS ketika ditelan ikan
Allahumma, la ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin 
“Ya Allah, tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh aku ini termasuk orang-orang yang zalim”
Nabi Yunus AS pernah merasa putus ada dengan kaumnya lalu ia pergi meninggalkan negerinya dengan menggunakan kapal. Ketika di tengah perjalanan, terjadi badai dan penumpang kapal harus dikurangi untuk mencegah kapal karam. Agar adil, maka diundi dan yang keluar adalah nama Nabi Yunus AS. Sampai diulang beberapa kali, tetap Nabi Yunus, saat itulah beliau baru menyadari bahwa Allah sedang menegurnya karena beliau meninggalkan kaumnya. Akhirnya Nabi Yunus AS diturunkan ke laut dan ditelan ikan salam waktu yang lama. Dalam perut ikan beliau terus membaca do’a di atas dan akhirnya beliau dilemparkan di lahan yang tandus dalam keadaan lemah.  Lalu, Allah mengembalikan kekuatannya dengan menumbuhkan pohon labu di dekatnya. Bukan hanya itu, Allah mengembalikan seribu umatnya dalam keadaan beriman, dan Allah berikan kemakmuran hidup kepada mereka. (QS As-Shaffat: 145-148)
Doa Nabi Yunus adalah salah satu doa mustajab. Kita dianjurkan untuk sering membacanya, lebih-lebih di saat kita mengalami kesulitan.

3.    Do’a Nabi Ayyub AS ketika diberi cobaan berupa penyakit
Inni massanii adh-dhurru wa anta arhamu arraahimiin
“Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang"
Ingatkah  ketika Nabi Ayyub AS diuji oleh Allah dengan penyakit kulit? Nabi Ayyub terus digoda oleh syaithan dan ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya hingga hanya satu istrinya saja yang mau menemaninya. Beliau berdo’a dan Allah pun menyebuhkannya. (QS. Al Anbiyaa’ : 83-84)

4.    Do’a Nabi Adam AS ketika diturunkan di bumi
Robbanaa zolamnaa an fuusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakunanna minal khoosiriin.
“Ya Tuhan kami, kami telah mendzalimi diri kami dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepada kami, niscaya kami akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.”
Nabi Adam AS dan Hawa menyesal karena tergoda oleh syaithan sehingga diturunkan ke bumi. Nabi Adam membaca do’a tersebut untuk meminta ampunan.

5.    Do’a para Ashhabul Kahfi ketika akan masuk gua
Rabbana atinaa min ladunka rahmah, wahayyi lanaa min amrina rasyadaa
"Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini."
Doa diatas baik sekali dibaca oleh para pejuang muda yang menegakkan agama Allah agar mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan. Karena doa tersebut adalah doa yang dibaca pemuda Ashhabul Kahfi, yakni sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt. hingga mendapatkan petunjuk yang sempurna dari sisi-Nya. Doa ini dibaca oleh mereka ketika akan masuk gua sebagai persembunyiannya untuk menyelamatkan agama yang hak, agama yang mereka pegangi dari fitnah-fitnah dan orang-orang zhalim. Dan Allah Swt. mengabulkan doa mereka. (QS. Al-Kahfi : 9-26)

5 dari sekian banyak kata-kata ajaib dalam rangkaian do’a yang mustajab, semoga bisa membantu kita dalam menggapai kemudahan hidup dan ridho-Nya. Amiinn.

Bulan Rajab sudah terlewati. Bulan Sya’ban akan segera berakhir.
Akankah kita bertemu lagi dengan Ramadhan? Sudah siapkah kita untuk menyambutnya?
Allahumma bariklanaa fii sya’ban wa balighnaa ramadhan.
Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan…



Get ready to face tomorrow,
Viradhea Gita RL ^^


0 komentar:

  • Authoress

    Foto Saya
    Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
    Seseorang yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya dan mewujudkan mimpi-mimpinya.
  • Hi, Friends!

  • Followers