RSS
Facebook
Twitter

Selasa, 24 Juli 2012

Ramadhan Mubarrak

Hari ini hari ke 4 Ramadhan, malam 5 tarawih!
Alhamdulillah masih bisa merasakan segala nikmat-Nya sampai saat ini walaupun dalam Ramadhan kali ini saya berada di kota yang belum pernah saya tinggali sebelumnya. ^___^

Ramadhan kali ini harus lebih baik!

Ada sebagian orang yang memasuki ramadhan dengan biasa saja, sebagian yang lain memasuki ramadhan dengan gembira, dan sebagian kecil saja yang mau konsisten menambah amalan kesehariannya dibanding 11 bulan lainnya dan memanfaatkan ramadhan sebagai momen teristimewa. Ada di mana kita?

Ramadhan hanya datang 1 kali dalam 1 tahun dengan berbagai macam keistimewaannya. Maka, apa lagi yang kita tunggu? Masihkan kita kan bermalas-malasan di bulan Ramadhan? Hati nurani saya berkata tidak! Namun secara action masih berjuang untuk konsisten melaksanakan amal yaumiyah yang lebih banyak daripada sebelum-sebelumnya.

Ibaratnya, Ramadhan itu charger bagi ruhiyah kita untuk bersiap menghadapi 11 bulan selanjutnya. Alumni Ramadhan sukses adalah mereka yang benar-benar merasakan indah dan nikmatnya beribadah bulan Ramadhan kemudian ketika memasuki bulan Syawal mereka seakan terlahir kembali menjadi pribadi baru yang lebih kuat untuk menghadapi dunia yang kejam. 

Mungkin, ada beberapa hal yang dapat membuat kita kehilangan momen berharga dalam Ramadhan. Misalnya, kerja yang terlalu diporsir sehingga setelahnya kita menjadi lelah dan tidak sanggup walaupun hanya membaca 1 lembar al-qur'an, terlalu banyak tidur sehingga timbul kemalasan, atau terlalu banyak makan ketika berbuka sehingga membuat kita enggan melangkahkan kai ke masjid untuk shalat tarawih. 

Astagfirullah...
Sebenarnya sesibuk apapun, bisa kita sediakan waktu khusus untuk beribadah kepada Allah di bulan nan suci ini. 1 jam bersama Al-qur'an setiap hari bisa lah ya. 15 menit untuk berdzikir di pagi dan sore hari (al-ma'tsurat) bisa lah ya.. Insya Allah ketika sudah diniatkan dan meyakinkan diri agar konsisten menjalaninya dengan ikhlas semuanya bisa terasa lebih mudah.

Bagi kaum Adam tentunya akan sangat bisa lebih maksimal karena tidak ada halangan bulanan. Bagi kaum Hawa, jangan berkecil hati, kita masih bisa memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan maksimal kalau mau. Walau jauh dibandingkan dengan kaum Adam. Hehehe. 

Buat muslimah yang sholehah dan cantik ketika tidak sedang berpuasa bisa mengumpulkan pahala dari yang lain. Memberi makan yang sahur dan berbuka, memaksimalkan dzikir, muraja'ah hafalan qur'an, 1 jam mendengarkan al-qur'an dan lain-lain.

Akan ada banyak warna dalam bulan Ramadhan. Tinggal kita pilih ingin warna yang mana. Yang terpenting adalah Ramadhan kali ini bisa terwarnai lebih indah daripada Ramadhan-ramadhan yang telah lalu.


Ramadhan Mubarrak


Don't miss your special moments,
Viradhea Gita RL

0 komentar:

  • Authoress

    Foto Saya
    Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
    Seseorang yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya dan mewujudkan mimpi-mimpinya.
  • Hi, Friends!

  • Followers