RSS
Facebook
Twitter

Jumat, 31 Juli 2009

About Fanfiction

Hm, bertemu -?- lagi dengan Hikari-chan.

Ada yang belum tahu tentang fanfiction?

Nih, tak tularin virusnya. Para manga+anime mania harus tahu *teori darimana?*.

Fanfiction adalah cerita fiksi yang menggunakan karakter-karakter yang sudah ada lalu direkayasa oleh keliaran imajinasi para fans sehingga menghasilkan jalan cerita yang berbeda dengan aslinya. Fanfiction bisa disingkat fanfic, ff, fic, penpik, dll.

Ok. Contoh. Kita bisa membuat sebuah cerita dengan menggunakan karakter-karakter dari Naruto. Terserah kita, mau sifatnya diubah, jenis kelaminnya diubah, atau apalah. Settingnya bisa tetap setting dunia per-shinobi-an atau bisa juga kehidupan biasa seperti yang sedang kita jalani.

Contoh lagi. Kita semua tahu kan kalau Naruto itu cowok? Di fanfic, Naruto (Naruto) bisa saja jadi seorang cewek. Sasuke (Naruto) yang aslinya diem, dingin, -sok- cool, di fanfic dia bisa jadi lebay ngalahin Gai-sensei. Hehe...

Singkatnya, fanfic dibuat berdasarkan konsep "bagaimana kalau...". Bagaimana kalau tokohnya jadi gini? Bagaimana kalau cerita ini endingnya begini? Bagaimana kalau...

Fanfic ada 2 macam. Normal dan Crossover. Normal berarti fanfic tersebut hanya menggunakan karakter-karakter dari satu sumber saja. Kalau Eyeshield 21, Eyeshield 21 aja. Kalau Bleach, Bleach aja. Nggak boleh disatuin. Tapi, untuk crossover, boleh menyatukan keduanya. Misal, di fanfic itu Hiruma (ES 21) ngebantuin Ichigo (Bleach) ngebantai hollow.

Kebanyakan fanfic -yang Hikari baca- biasanya dari komik. Tapi ada juga yang dari novel, grup band atau artis.

Fanfic terdiri dari berbagai macam fandom. Ya, fandom Naruto, fandom Bleach, fandom ES 21, fandom Death Note, dan masih banyak lagi.

Ada juga lho forum buat para author fanfiction Indonesia. Namanya Infantrum (Indonesian Fanfiction Author Forum). Kan fanfic bukan cuma ada di Indonesia, hehehe...

Bagi yang tertarik atau masih penasaran, kalian bisa kunjungi FanFiction.Net. Dan bagi yang ingin tahu Infantrum, bisa klik icon di bawah ini.

Infantrum

Ada sebagian pihak menganggap fanfiction adalah karya jiplakan, dianggap karya tidak orisinil dan lain-lain. Bahkan ada seorang penulis novel yang tidak mengizinkan siapapun untuk menggunakan karakter-karakternya untuk dibuat fanfic (Anne Rice - Interview With The vampire). Walaupun begitu, fanfic banyak diminati terutama oleh fans-fans-nya di fandom tertentu, terbukti dengan ramainya author dan karya-karyanya di FF.net. Selain itu, dengan membuat fanfic, kita bisa lebih meliarkan imajinasi kita dan mengasah bakat menulis. Bahkan, ada yang tadinya sama sekali tidak suka dengan dunia tulis menulis menjadi tertarik dan mulai menulis setelah membaca fanfic. Suatu hal yang positif bukan?

Kalo Hikari sih bikin fanfic cuma untuk senang-senang saja. Hehe...

Ok. Sekian dulu...
Jaa ne...

With peace and a thousand of red rose petals,
Hikari-chan ^^

1 komentar:

Haruki Kayuki mengatakan...

Haiii...
Blogwalking
Setuju, fanfic bukan plagiat XD

  • Authoress

    Foto Saya
    Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
    Seseorang yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya dan mewujudkan mimpi-mimpinya.
  • Hi, Friends!

  • Followers